BERITA SEPUTAR DESA SUKAMAJU, KEC. CIHAURBEUTI, KAB. CIAMIS (46262)

Artikel

TEMPAT WISATA DAM GINTUNG DESA SUKAMAJU

30 Mei 2023 17:35:57  Administrator  273 Kali Dibaca  Berita Lokal

Dunia menyuguhkan keindahan dan keelokan alamnya, termasuk indahnya alam disekitaran Gunung Sawal. Aliran sungai Cibaruyan yang jernih dan bersih jika di kelola dengan baik akan menjadi salah satu destinasi yang banyak diminati. DAM Gintung yang di kelola oleh Karang Taruna bersama Paguyuban Karomah Wali Tubuh (KAWAT) ikut tersentuh untuk melestarikan alam di sekitar.

DAM Gintung mempunyai luas 700 M⊃2; adalah wisata air susur sungai dengan menggunakan ban yang dikenal dengan istilah “papalidan”. Dengan pemandangan pesawahan yang asri dan menariknya di DAM Gintung ada pohon gadong yang mempunyai lubang (biasanya digunakan untuk tempat bertapa.

Pengelola Objek Wisata DAM Gintung

DAM Gintung saat ini menjadi destinasi wisata sungai yang terletak di Dusun Cikujang Girang, Desa Sukamaju, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis. Spot yang di sajikan di DAM Gintung sendiri yaitu wahana air sungai yang jernih bersumber dari mata air Gunung Sawal sehingga sangat cocok untuk pecinta wisata air. Aliran sungai Cibaruyan yang berhulu dari Gunung Sawal dengan debit air yang pas untuk arung jeram, river tubing dan berenang di aliran sungai yang jernih. Wisata DAM Gintung setelah kami lihat, sangat bagus dan akan menjadi spot wisata baru dengan sajian aliran sungai yang jernih dan bersih.

DAM Gintung mempunyai luas 700 M⊃2; adalah wisata air susur sungai dengan menggunakan ban yang dikenal dengan istilah "papalidan". Dengan pemandangan pesawahan yang asri dan menariknya di DAM Gintung ada pohon gadong yang mempunyai lubang (biasanya digunakan untuk tempat bertapa

Jarak tempuh dari Kantor Desa ke DAM Gintung yaitu 1,7 km (6 Menit), bisa di tempuh dengan kendaraan roda 4 dan roda 2 (sampai tujuan). Medan jalan yang ditempuh Jalan Aspal

asilitas yang Tersedia pada Objek Wisata Alam DAM Gintung

Adapun fasilitas yang tersedia pada objek wisata alam tersebut yaitu :

Joglo, Area Parkir, Toilet, Kedai, Tempat Sewa Ban, dan Tempat Penyewaan Helm & Pelampung (dengan syarat reservasi terlebih dahulu).

Jarak Tempuh dan Medan Menuju Objek Wisata Alam DAM Gintung

Jarak tempuh dari Kantor Kepala Desa Sukamaju ke DAM Gintung yaitu 1,7 km (6 Menit), bisa di tempuh dengan kendaraan roda 4 dan roda 2 (sampai tujuan). Medan jalan yang ditempuh Jalan Aspal.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Statistik Penduduk

Arsip Artikel

Agenda

Sinergi Program

Aparatur Desa

Back Next

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Wilayah Desa

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jln.Gunung Sawal No.13 Desa Sukamaju kecamatan Cihaurbeuti kabupaten Ciamis Propinsi Jawa Barat
Desa : Sukamaju
Kecamatan : Cihaurbeuti
Kabupaten : Ciamis
Kodepos : 46262
Telepon : 085315066236
Email : sukamajudesa83@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:36
    Kemarin:75
    Total Pengunjung:53.822
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.221.165.246
    Browser:Mozilla 5.0