BERITA SEPUTAR DESA SUKAMAJU, KEC. CIHAURBEUTI, KAB. CIAMIS (46262)

Artikel

WISATA ALAM LOBANG TIMAH GUNUNG SAWAL

30 Mei 2023 17:24:02  Administrator  224 Kali Dibaca  Berita Lokal

Lobang Timah merupakan sebuah kawasan indah di kaki Gunung Sawal yang masih asri dan alami.

Sejak tahun 1979, kawasan Gunung Sawal ditetepkan sebagai Suaka Margasatwa, karena banyaknya jenis flora dan fauna langka yang tinggal di sana. Lubang Timah termasuk Hutan Lindung dengan luas 64 H adalah wisata alam rekreasi disana terdapat sungai Cibarunyan, area camping, bangunan Jepang, bekas kincir pembangkit listrik dan Benteng. Banyak wisatawan yang diakhir pekan bersepeda ke Lubang Timah.

Bagi yang suka berpetualang, Lobang Tmah bisa menjadi destinasi wisata menarik bersama teman. Kondisi medan yang masih alami, butuh perjuangan untuk sampai di tujuan.

Nama Lobang Tmah diambil dari sejarahnya, di mana lokasi tersebut dulunya adalah tempat penambangan timah yang sejak jaman Belanda sudah di eksplorasi. 

Sejarah Lobang Tmah yang merupakan area tambang timah cukup produktif dari masa penjajahan Belanda, kemudian masa penjajahan Jepang. Dan berlanjut masa awal kemerdekaan hingga masa kepemimpinan Presiden Soeharto.Namun entah mengapa setelah era Soeharto Lobang Tmah ini jadi terabaikan, hingga tidak terlihat lagi sisa-sisa penambangannya.

Lokasi Lobang Tmah sendiri, berada di ketinggian 835 mdpl tepatnya berada di wilayah Desa Sukamaju Kecamatan  Cihaurbeuti  Kabupaten Ciamis Suasana alam Lobang Tmah dikelilingi oleh hutan pinus yang dibelah oleh aliran Sungai Cibaruyan yang sangat jernih dan segar alami. Gunung Sawal sendiri merupakan gunung tertinggi di  desa Sukamaju yang memiliki ketinggian 1764 mdpl, dan puncaknya berada di daerah Panjalu.

Fasilitas: Joglo, Parkir, Mushola, Toilet, Warung

Jarak tempuh dari Kantor Desa ke Lubang Timah yaitu 4,8 km (16Menit), bisa di tempuh dengan kendaraan roda 4 (khusus seperti mobil gunung atau mobil yang tinggi) dan roda 2 (sampai tujuan). Medan jalan yang ditempuh Jalan Aspal (1,5 km), jalan batu (3,3km).

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Statistik Penduduk

Agenda

Sinergi Program

Aparatur Desa

Back Next

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Wilayah Desa

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jln.Gunung Sawal No.13 Desa Sukamaju kecamatan Cihaurbeuti kabupaten Ciamis Propinsi Jawa Barat
Desa : Sukamaju
Kecamatan : Cihaurbeuti
Kabupaten : Ciamis
Kodepos : 46262
Telepon : 085315066236
Email : sukamajudesa83@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:69
    Kemarin:75
    Total Pengunjung:52.821
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.16.81.94
    Browser:Tidak ditemukan