BERITA SEPUTAR DESA SUKAMAJU, KEC. CIHAURBEUTI, KAB. CIAMIS (46262)

Artikel

PENDAMPINGAN KELOMPOK BINAAN BKSDA MELALUI BIDANG KSDA WILAYAH III SEKSI KONSERVASI WILAYAH VI TASIK

23 Juli 2022 13:18:54  Administrator  126 Kali Dibaca  Berita Desa

Submitted by Sarah Muntazah (KKM STMIK IKMI CIREBON 2022)

BKSDA melalui Bidang KSDA Wilayah III Seksi konservasi Wilayah VI Tasikmalaya lagi - lagi lakukan penyerahan bantuan kelompok tani Budi Daya lebah madu Kujang Kencana. Sebelum bantuan disalurkan, anggota Kelompok Tani kelompok tani Budi Daya lebah madu Kujang Kencana terlebih dahulu dibekali pengetahuan dan keterampilan yang mendukung dan sesuai dengan rencana usaha yang akan mereka jalankan, dengan cara melakukan Pelatihan Peningkatan kapasitas anggota kelompok tani Budi Daya lebah madu Kujang Kencana pada tanggal 21 Juni 2022. Peserta pelatihan peningkatan kapasitas kelompok tani Budi Daya lebah madu Kujang Kencana sebanyak 20 org. desa Sukamaju diprioritas penerima bantuan, karena statusnya merupakan desa penyangga Cagar Alam Gunung sawal, yang wilayah desanya berbatasan langsung dengan kawasan Suaka Marga Satwa.

Pada acara tersebut hadir dari FKPDAS Jabar Korwil Ciamis Joni Raupa, mengayampaikan “Dengan adanya kelomok budidaya madu ini diharapkan akan lebih menjaga hutan karna desa sukamaju yang berbatasan langsung dengan kawasan hutan Gunung Sawal harus selalu menjaga ekositem agar tetap lestari karena hutan Gunung Sawal merupaka sumber air yang menghidupi banyak orang dan kehidupan lainnya.”

Dengan bantuan yang mereka terima, diharapkan terjadi perubahan peningkatan pendapatan (value added) ekonomi secara dinamis dan berkelanjutan pada kelompok tani dan mereka dapat memberikan kontribusi dalam menjaga dan melestarikan Sumber Daya Alam khususnya di areal Suaka margasatwa Gunung Sawal.

Pada kesempatan terpisah Kepala Desa Sukamaju Dede Engkuh mengucapkan terima kasih pada Pihak BKSDA melalui Bidang KSDA Wilayah III Seksi konservasi Wilayah VI Tasikmalaya yang telah memberikan bantuan pada Kelompok Budidaya Lebah dengan harapan kedepannya masyarakat desa Sukamaju bisa meningkatkan pendapatan perkapita dan mensejahterakan anggota kelompok.

Narasumber yang pengisi kegiatan pelatihan, tema Budidaya Lebah madu disampaikan oleh Sirod Somantri, SP ( penyuluh Senior ) dan Sari Gendaresmi, Amd, serta Fasilitator Desa Sukamaju Agung Lesmana.

Kelompok tani (Poktan) merupakan salah satu mitra dari berbagai elemen yang mempunyai kepentingan untuk mencapai tujuan dalam menghadapi daya saing ekonomi nasional dan global. Kondisi poktan saat ini perlu pembinaan dan pendampingan dalam menjawab tantangan perubahan jaman. Pembinaan kelompok tani diarahkan pada peningkatan kemampuan melaksanakan fungsinya, peningkatan kemampuan para anggota dalam mengembangkan agribisnis, penguatan poktan menjadi lebih tangguh, kuat dan mandiri. Adapun cirinya antara lain adanya pertemuan/rapat pengurus yang diselenggarakan secara berkala dan berkesinambungan, adanya rencana kerja kelompok secara bersama dan dilaksanakan oleh para pelaksana sesuai dengan kesepakatan bersama, dan setiap akhir pelaksanaan, dilakukan evaluasi secara partisipasi, secara administrasi memiliki aturan/norma yang disepakati dan ditaati bersama, adanya fasilitas kegiatan usaha bersama disektor hulu dan hilir sampai dengan usahatani secara komersial dan berorientasi pasar, sebagai sumber serta pelayanan informasi dan teknologi untuk usaha para petani umumnya dan anggota kelompok tani khususnya, adanya saluran kerja sama antara kelompok tani dengan pihak lain, serta adanya pemupukan modal usaha, baik iuran dari anggota atau penyisihan hasil usaha/kegiatan kelompok.

Permasalahan yang sering muncul dalam kelembagaan petani: masih rendahnya kualitas dalam mengelola usaha tani secara efesien, rendahnya kemampuan dalam menjalin kerjasama dengan pelaku agribisnis dan kelembagaan ekonomi pedesaan lainnya, masih lemahnya kapasitas kelembagaan petani dan kelembagaan ekonomi petani (belum berbadan hukum), masih terbatasnya akses petani terhadap sumber pembiayaan/permodalan dan pemasaran serta masih terbatasnya akses petani terhadap IPTEK dan informasi.

Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut agar menjadi poktan yang tangguh, yaitu melalui pemberdayaan kelompok. Target yang harus dicapai adalah pemberdayaan kelembagaan kelompok tani dengan mengembangkan potensi yang ada dalam individu menjadi kekuatan di dalam berkelompok sebab kita ketahui bersama pemberdayaan sumber daya manusia adalah kunci penting untuk meraih mutu suatu kelompok tani.

Pemberdayaan atau empowerment adalah proses membangun dedikasi dan komitmen yang tinggi sehingga kelompok tani bisa menjadi sangat efektif dalam mencapai tujuan-tujuannya secara berkualitas. Dalam kelompok tani yang telah diberdayakan akan tercipta hubungan di antara orang-orangnya yang saling berbagi kewenangan, tanggung-jawab, komunikasi, harapan-harapan, dan pengakuan serta penghargaan. Hubungan kerja semacam itu sangat berbeda dengan hubungan kerja yang secara tradisional didasari oleh hubungan hirarkhi dalam kelompok tani. Aset yang paling berharga dari suatu kelompok tani adalah orang-orang yang bekerja di dalamnya yang ditunjukkan oleh pengetahuan, ketrampilan, sikap mental, kreatifitas, motivasi dan kemampuan bekerjasama yang mereka miliki.

Bagi para penyuluh pertanian, pemberdayaan merupakan kebutuhan yang harus mereka peroleh. Sebaliknya bagi para pengurus mulai dari yang tertinggi sampai ke yang terendah pemberdayaan adalah suatu fungsi yang harus mereka lakukan atau berikan kepada kelompoknya. Bagi suatu kelompok tani yang mendambakan kualitas kinerja yang terus meningkat pemberdayaan adalah suatu proses yang harus terjadi. Tanpa proses pemberdayaan suatu poktan akan sulit untuk bisa memenangkan persaingan yang semakin keras secara nasional ataupun secara internasional.

Pada dasarnya pemberdayaan adalah cara untuk melaksanakan kerjasama dalam poktan sehingga semua orang berpartisipasi penuh. Dalam poktan yang sudah diberdayakan para pengurus dan anggota merasa bertanggung jawab tidak hanya tentang pekerjaan yang dikerjakannya, tetapi juga tentang keseluruhan kelompoktaninya agar dapat berfungsi secara lebih baik.

 

 

Penanggung jawab

Diman Mardian 

 

 

 

Dokumentasi Kegiatan 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Statistik Penduduk

Agenda

Sinergi Program

Aparatur Desa

Back Next

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Wilayah Desa

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jln.Gunung Sawal No.13 Desa Sukamaju kecamatan Cihaurbeuti kabupaten Ciamis Propinsi Jawa Barat
Desa : Sukamaju
Kecamatan : Cihaurbeuti
Kabupaten : Ciamis
Kodepos : 46262
Telepon : 085315066236
Email : sukamajudesa83@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:28
    Kemarin:72
    Total Pengunjung:18.589
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.214.216.26
    Browser:Tidak ditemukan